Hukum Perdata : nama dan kewarganegaraan

  • Nama

nama bagi seseorang adalah sanagat penting. Nama selain untuk membedakan orang yang satu dengan yang lain, juga untuk mengetahui apa hak-hak dan kewajiban-kewajiban seseorang.

Selain itu juga nama merupakan tanda diri atau identifikasi seseorang sebagai subjek hokum. Nama penting juga untuk mengetahui seseorang itu keturunan siapa, penting untuk urusan pembagian harta warisan dan soal-soal yang ada hubungannya dengan kekeluargaan.

Mengenai nama ini di Indonesia diatur dalam UU no 4 tahun 1961

  • Kewarganegaraan

Seperti halnya nama, kewarganegaraan seseorang juga sangat penting. Kewarganegaraan seseorang merupakan satu factor yang mempengaruhi kewenangan berhak seseorang. Seperti kita lihat dalam pasal 21 ayat 1 UUPA yang menyatakan “Hanya warganegara Indonesia dapat mempunyai hak milik”.

Jadi tersimpul dari pasal tersebut di atas, warga Negara asing tidak diperbolehkan memiliki hak milik atas tanah. UU Kewarganegaraan yang berlaku di Indonesia adalah UU No.62 tahun 1958. Dalam undang-undang tersebut jelas dibedakan siapa yang warga Negara, siapa yang bukan, cara memperoleh kewarganegaraan, dan apa hak dan kewajiban seorang warganegara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: