Hukum Pengangkutan laut :The Hague Rules Pasalnya

The Hague Rules

Pasal 1

  • Pengangkut adalah pemilik kapal atau pencarter kapal yang mengadakan perjanjian dengan pengirim barang
  • Perjanjian pengangkutan hanya mengenai perjanjian pengangkutan yang dilindungi oleh surat muatan atau dokumen yang serupa, sepanjang dokumen tersebut mengenai pengangkutan barang-barang melalui lautan,termasuk surat muatan atau dokumen lain yang serupa seperti tersebut di atas yang dikeluarkan atas dasar atau disebabkan oleh suatu perjanjian carter, di mana surat muatan yang demikian atau dokumen yang serupa mengatur hubungan antara pengangkut dengan pemegangnya
  • Barang adalah segala jenis barang dan barang-barang dagangan kecuali bintang hidup dan muatan yang menurut perjanjian pengangkutan ditetapkan akan diangkut di atas dek dan memangdimuat di atas dek
  • Kapal berarti setiap kapal yang dipergunakan untuk mengangkut barang-barang melalui laut
  • Pengangkutan barang-barang meliputi periode sejak mulai barang-barang dimuat ke dalam kapal hingga dibongkar dari kapal

Pasal 2

  • Risiko-Risiko. Dengan mengecualikan ketentuan dalam pasal VI,pada setiap perjanjian pengangkutan barang-barang melalui laut, pengangkut mempunyai kewajiban dan pertanggungjawaban mengenai pemuatan, perawatan , pemadatan, pengangkutan , penjagaan, pemeliharaan dan pembongkaran barang-barang-barang tersebut di lain pihak pengangkut dapat mempergunakan hak-hak dan pembebasan tanggung jawab sebagaimana yang diatur sebagai berikut.

Pasal 3

Kewajiban dan tanggung jawab

  • Pengangkut berkewajiban sebelum dan pada waktu dimulai pelayaran untuk melaksanakan dengan sewajarnya untuk: (a) menjadikan kapal layak ,(b) cukup anak buah,perlengkapan dan perbekalan kapal; (c) mempersiapkan ruangan-ruangan muatan,kamar-kamar beku dan kamar-kamar dingin, dan semua bagian-bagian kapal tempat barang-barang dapat diterima, diangkut dan disimpan dengan baik dan aman.
  • Pengangkut berkewajiban agar barang-barang yang diangkut nya dengan sewajarnya dimuat, dirawat, dipadatkan, diangkut , dijaga, dipelihara dan dibongkar
  • ———————————————–

Pasal 5

PELEPASAN HAK-HAK DAN KEWAJIBAN SERTA PENAMBAHAN KEWAJIBAN DAN TANGGUNG JAWAB

  • Pengangkut bebas melepaskan seluruhnya atau sebagian dari semua atau beberapa hak-hak dan kekebalannya atau untuk menambah sesuatu kewajiban dan tanggung jawabnya menurut yang diatur di dalam Konvensi ini, dimana pembebasan atau penambahan yang demikian harus dicantumkan di dalam surat muatan yang diberikan kepada pengirim
  • Ketentuan-ketentuan di dalam konvensi ini tidak berlaku bagi perjanjian carter, tapi jika untuk perjanjian carter tersebut dikeluarkan surat muatan, maka surat muatan tersebut harus memenuhi syarat-syarat konvensi ini. Tiada ketentuan di dalam peraturan ini yang merintangi dimasukkannya didalam surat muatan sesuatu ketentuan hokum mengenai kerugian laut umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: