Hukum Bisnis Internasional : Perusahaan Internasional sebagai pelaku

    Perkembangan perusahaan internasional sebenarnya berpengaruh terhadap pola bisnis internasional, karena perusahaan ini berperan sebagai pelaku bisnis internasional.Perkembangan ekonomi yang berporos pada Negara-negara industry, telah mendorong tumbuhnya perusahaan-perusahaan dunia yang melampaui perusahaan-perusahaan multinasional. Perusahaan internasional telah memasuki tahap globalisasi dan multiaplikasi industry.

    Kegiatan perusahaan internasional tidak lagi cenderung menghasilkan produk sesuai dengan selera pasar yang beraneka ragam, melainkan produk global untuk memenuhi selera konsumen masyarakat dunia. Dari situ lalu tumbuh perusahaan-perusahaan yang bersifat global.perusahaan multinasional yang Sistem manajerialnya bersifat sentralistik dan pengambilan keputusan terpusat pada manajemen puncak di Negara asal, dan melakukan semua kegiatan perencanaan dan dan pengawasan dan disini perbedaan dengan perusahaan global yang dimana mengurangi campur tangan kantor pusat dalam berbagai hal.

Bergesernya struktur industry Negara-negara maju meningkatkan industry manufacturing tradisonal dan mengembangkan industry berteknologi tinggi dan padat ilmu pengetahuan. Hal ini menyebabkan Negara-negara maju, seperti jepang,mulai mengalihkan investasinya dari Negara berkembang ke Negara maju.Kelemahan Negara berkembang di bidang ketenagakerjaan, teknologi dan manajemen menyebabkan kedudukan tawar menawar yang tidak seimbang dengan perusahaan internasional Negara industry Negara maju.

Kelemahan Negara berkembang di bidang ketenagakerjaan, teknologi, dan manajemen menyebabkan kedudukan tawar menawar yang tidak seimbang dengan perusahaan internasional Negara maju.Pengembangan usaha patungan kea rah kemitraan strategi global perlu dipelajari sebagai bahan pertimbangan atau alternative pengembangan perusahaan global di Negara-negara berkembang.

    

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: