Hukum Bisnis Internasional : Perdagangan Internasional dalam kerangka Bisnis Internasional

Pengertian akan perdagangan Internasional justru akan melengkapi studi bisnis Internasional, terutama karena perdagangan internasional masih mendominasi perkembangan bisnis dan ekonomi internasional. Bahkan menurut Rugman , perdagangan internasional adalah komponen penting dari perekonomian semua Negara. Walaupun focus dan ruang lingkup perdagangan Internasional dan bisnis internasional berbeda dalam hal mana yang pertama meninjau pola perdagangan antarnegara dan yang terakhir lebih pada pelaku bisnis, kedua disiplin tersebut dalam hal-hal tertentu tetap saling berkaitan, terutama yang menyangkut pelaku perdagangan dan bisnis internasional. Walaupun perdagangan Internasional merupakan pertukaran atau perdagangan antar Negara, yang melakukan perdagangan sebenarnya adalah individu atau perusahaan

Kendatipun bisnis internasional berkembang pesat, perdagangan internasional masih menguasai ekonomi internasional dan pembangunan ekonomi banyak Negara . Pada tahun 1981 nilai perdagangan dunia hampir mencapai US$4 triliun dibandingkan dengan arus penanaman modal asing langsung yang berjumlah sekitar US$40 milyar .

Perdagangan internasional cenderung melihat secara agrerat hubungan perdagangan antarnegara dan apa yang menentukan poola perdagangan internasional. Tokoh-tokoh ekonomi klasik dan neoklasik, seperti david eicardo dan adam smith, mengembangkan konsep perdaganagn yang menitik beratkan kegiatan pasar bebas. Konsep tersebut berpijak pada pandangan bahwa lebih baik menghasilkan hanya barang yang dibutuhkan dan membeli produk yang lebih murah daripada yang kita miliki. Disampinh itu ekonom klasik juga melihat manfaat dari perdaganagn, yang dari situ lalu berkembang konsep keunggulan mutlak dan keunggulan komparatif sebagai dasar dari perdagangan internasional . Apbila suatu Negara memiliki keunggulan mutlak ataupun komparatif atas produknya, maka Negara tersebut cenderung untuk menspesialisasi diri menghasilkan produk tersebut sehingga bisa mengekspor ke Negara lain. Keunggulan komparatif berpandangan bahwa Negara-negara semakin diperkaya dalam arti pendapatan riil dan pemanfaatan sepenuhnya dari sumber daya.Faktor-faktor penting yang mempengaruhi atau menentukan keunggulan komparatif produk suatu Negara adalah perbedaan factor endowment, skala ekonomi, dan kemajuan teknologi.

Kerumitan hubungan perdagangan Internasional juga disebabkan adanya proteksionisme yang selama ini banyak dilakukan oleh Negara-negara maju seperti AS, yang sebenarnya merupakan penganut prinsip perdagangan bebas. Akibat meningkatnya nilai impir AS akan berbagai produk yang melampaui nilai ekspor nya.Memang proteksionisme dapat ditolerir, terutama untuk industry-industri baru yang membutuhkan perlindungan dan cenderung beroperasi di Negara-negara sedang berkembang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: