Hukum Bisnis Internasional : Lingkungan Teknologi Otomasi

Teknologi yang semakin canggih telah mengantar dunia industry ke dalam ere otomasi. Otomasi banyak membantu kegiatan manajemen perusahaan dlam hal efisiensi dan produktivitas.Dengan demikian kemajuan di bidang otomasi patut dipertimbangkan oleh manajemen perusahaan sebagai bagian perencanaan yang strategic. Dalam lingkungan dunia usaha kita, otomasi tetap menimbulkan permasalahan, karena otomasi ini akan menghemat tenaga kerja sehingga kebanyakan perusahaan cenderung untuk membatasi jumlah mereka. Sementara itu kita masih menhadapi masalah penciptaan dan perluasan kesempatan kerja.

    Perusahaan-perusahaan umumnya memanfaatkan otomasi karena merupakan salah satu masukan dan bahkan kekayaan jangka panjang bagi perusahaan. Dari sudut manajemen perusahaan otomasi tetap dipandang sebagai bagian lingkungan teknologi yang merupakan hasil kemajuan; sehingga riskan bagi perusahaan untuk menolak pengotomasian diri dengan segala perubahannya. Yang perlu ditekankan di sini adalah tujuan otomasi yang dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas sebagai kunci keberhasilan kegiatan bisnis.

    Meskipun otomasi dihadapi dengan sikap ragu-ragu, perusahaan yang ingin bertahan dan berkembang tidak mempunyai pilihan lain kecuali melakukan investasi di bidang tersebut akibat kemajuan teknologi yang berlangsung terus dan cepat. Di samping itu seperti telah dikemukankan bahwa adanya persaingan yang ketat semakin menuntut manajemen untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitasnya baik dengan mengoptimalkan pendayagunaan sumber daya manusia maupun peraltan teknologi. Bila perusahaan tersebut tidak melakukan strategi persaingan di bidang teknologi, maka perusahaan saingannya akan mengunggulinya karena mampu memproduksi dan memasarkan produk dengan biaya yang lebih rendah.

    

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: