Hukum Perdata : Kedudukan Berkuasa (Bezit)

Apa yang dinamakan bezit itu?

Menurut Prof. subekti, S.H. dalam bukunya yang berjudul “Pokok-pokok Hukum Perdata” adalah:

Suatu keadaan lahir, dimana seorang menguasai suatu benda seolah-seolah kepunyaan sendiri yang oleh hukum diperlindungi dengan tidak mempersoalkan hak milik atas benda itu sebenarnya ada dan siapa.

Dalam Pasal 529 KUHPerdata yang dimaksud dengan bezit adalah

Kedudukan seseorang yang menguasai suatu kebendaan baik dengan diri sendiri maupun dengan perantaraan orang lain dan yang mempertahankan atau menikmatinya selaku orang yang memiliki kebendaan itu.

Apabila kita lihat definisi tersebut maka dapat dikatakan bahwa benda yang dikuasai dan dinikmati oleh seseorang itu belum tentu benda miliknya sendiri hanya seolah-olah kepunyaannya sendiri.

Sedangkan orang yang menguasai benda tersebut disebut bezitter

 

Unsur bezit:

  1. Corpus yaitu adanya hubungan antara orang yang bersangkutan dengan bendanya. Hal ini dapat terjadi apabila orang tersebut menguasai benda itu.
  2. Animus yaitu adanya kemauan atau keinginan dari orang tersebut untuk menguasai benda itu serta menikmatinya seolah-olah kepunyaan sendiri.

Kita harus membedakan antara bezit dengan detentie dimana dalam detentie ini seorang menguasai suatu benda tapi tidak ada kemauan untuk memiliki benda tersebut. Misalnya seorang penyewa dan penerima gadai. Kemauan yang dimaksud di atas adalah kemauan yang sempurna yaitu bukan kemauan dari anak kecil atau orang gila.

Macam-macam bezit:

  1. Bezit yang beritikad baik/te goeder trouw

    Bezit yang beritikad baik adalah manakala si yang memegangnya memperoleh kebendaan tadi dengan cara memperoleh hak milik dalam mana tak tahulah dia akan cacat-cela yang terkandung di dalamnya (Pasal 531 KUHPerdata)

    Dengan kata lain si pemegang tersebut tidak mengetahui apakah benda yang dipegangnya itu diperoleh dengan jalan tidak sesuai dengan cara-cara memperoleh hak milik ataupun sesuai

  2. Bezit yang beritikad buruk/te kwader trouw

    (menurut Pasal 530 KUHPerdata)

    Bezit yang beritikad buruk adalah mereka yang memegang benda tersebut itu tahu bahwa bendanya diperoleh dengan cara-cara yang bertentangan menurut cara-cara memperoleh hak milik (pasal 532 KUHPerdata).

    Kapan seseorang itu dapat dinyatakan sebagai bezitter yang bertikad buruk?

    Seseorang dapat dikatakan beritikad buruk pada saat perkaranya dimajukan ke pengadilan di mana dalam perkaranya itu ia dikalahkan (Pasal 532 ayat 2 KUHPerdata

  3. Bezit—eigendom

Baik bezit yang beritikad baik maupun yang buruk mendapat perlindungan hukum yang sama sebelum adanya putusan hakim karena dalam hukum terdapat asas yang mengatakan ”

“kejujuran itu dianggap ada pada setiap orang sedangkan ketidakjujuran harus dibuktikan” (Pasal 533 KUHPerdata)

Benda-benda apakah yang tidak boleh dibezit?

Menurut pasal 537 KUHPerdata benda-benda yang tidak boleh dibezit adalah benda-benda yang tidak ada dalam peredaran perdata dan hak-hak pengabdian tanah, seperti jalan.

Bagaimana cara-cara memperoleh bezit?

Pada asasnya bezit dapat diperoleh dengan cara:

  1. Occupation/originair/asli yaitu memperoleh bezit tanpa bantuan orang lain yang lebih dulu membezitnya. Baik benda bergerak maupun tidak bergerak dapat diperoleh dengan cara ini. Occupation terhadap benda bergerak hanya berlaku untuk benda bergerak yang tidak ada pemiliknya.

    Misalnya ikan di sungai/laut, burung di hutan dan lain-lain.

    Benda bergerak yang tidak ada pemiliknya disebut resnullius occupation terhadap benda tak bergerak akan menimbulkan persoalan sejak kapan seseorang itu dapat dianggap sebagai bezitter dari benda tersebut?

    Untuk menjawab pertanyaan tersebut ada beberapa pendapat yaitu:

  • Menurut ajaran Annazal bezit yang menyatakan bahwa seseorang dikatakan bezitter terhadap benda tak bergerak setelah mendudukinya selama satu tahun terus menerus tanpa gangguan dari orang lain.

    ajaran ini sebenarnya bertentangan dengan cara memperoleh hak milik karena verjaring.

  • Pendapat lain mengatakan bezitter benda tak bergerak secara langsung pada waktu bezitter mulai membezitnya.
  • Pendapat tengah-tengah antara no. 1 dan no. 2

    Membezit benda tak bergerak secara langsung menjadi bezitter tapi dalam jangka waktu satu tahun sejak dimulainya benda itu dibezit masih dapat diminta/digugat oleh pemiliknya.

  1. Dengan cara tradio/derivative yaitu dengan cara bantuan dari orang lain.

    Misalnya membeli buku.

Membezit benda bergerak ada dua teori:

  1. Eigendomstheorie

    Menurut teori ini bezit benda bergerak berlaku sebagai alas hak yang sempurna, hak yang sempurna itu adalah hak milik. Jadi membezit benda bergerak sama dengan hak milik, bezitter adalah eigenaar.

    Teori ini mengabaikan syarat title yang sah dan orang yang wenang untuk menguasai benda tersebut. Pengikutnya adalah meijers

  2. Legitimaietheorie

    Bezit bukan/tidak sama dengan hak milik hanya saja barang siapa yang secara jujur membezit benda bergerak dia adalah aman.

    Menurut teori ini tetap harus ada title yang sah dan tidak perlu berasal dari orang yang wenang untuk menguasai bendanya. Pengikutnya Scholten.

Cara-cara lain untuk memperoleh bezit:

  1. Tradition brevu manu/levering met de korte hand yaitu jika orang yang akan mengambil alih bezit itu sudah memegang benda tersebut sebagai houder.

    Misalnya :

    Si A meminjam buku pada B karena B membutuhkan uang, buku tersebut dijual pada A.

  2. Constitutum possessorium, jika orang yang mengopernya bezit itu berdasarkan suatu perjanjian dibolehkan tetap memegang benda itu sebagai houder.

    Misalnya:

    Si A meminjam buku pada B karena B membutuhkan uang buku tersebut dijual kepada A tapi si B ternyata masih memerlukan buku tersebut maka buku itu dipinjamnya.

     

    Berdasarkan pasal 538 KUHPerdata bezit dapat diperoleh dengan jalan melakukan perbuatan menarik kebendaan tersebut ke dalam kekuasaannya

    Unsur harus melakukan perbuatan menarik ke dalam kekuasaannya merupakan unsure yang idak mutlak, karena ada benda yang dapat di bezit tanpa perbuatan menarik ke dalam kekuasaannya.

    Misalnya mendapat barang dari warisan. Warisan secara otomatis/secara hukum jatuh ke tangan ahli waris apabila si pewaris meninggal dunia. Jadi waris tersebut tidak melakukan perbuatan apa-apa

     

     

Fungsi Bezit

  1. Polisionil, baik bezitter yang beritikad baik atau buruk tetap dilindungi
  2. Zakenrechtelejk, perlindungan kepada bezitter eigendom

Siapa saja yang boleh memperoleh benda dengan bezit?

Dalam Pasal 539 KUHPerdata menyebutkan bahwa hanya orang gilalah yang tidak diperbolehkan memperoleh benda dengan bezit, jadi anak-anak yang belum dewasa dan wanita bersuami boleh membezit sesuatu benda.

Kalau kita membicarakan bezit terhadap benda bergerak, perlu diingat asas yang berbunyi: “Bezit berlaku sebagai title yang sempurna”/ bezit gelds als volkomen title/

Asas tersebut tersimpul dari isi Pasal 1977 ayat 1 KUHPerdata.

Misalnya:

A meminjamkan buku kepada B, oleh B buku tersebut dijual kepada C. Siapakah yang dilindungi disini.

Menurut pasal 1977 ayat 1 diatas yang dilindungi adalah si C yang beritikad baik.

Tapi kalau barang si A hilang atau dicuri orang, maka berlaku Pasal 1977 ayat-ayatnya, yang menyatakan sebagai berikut:]

“namun demikian, siapa yang kehilangan atau kecurian sesuatu barang, di dalam jangka waktu tiga tahun, terhitung sejak hari hilangnya atau dicurinya barang itu, dapatlah ia menuntut kembali barangnya yang hilang atau dicuri itu sebagai miliknya, dari siapa yang dalam tangannya ia ketemukan barangnya, dengan tak mengurangi hak si yang tersebut belakangan ini untuk minta ganti rugi kepada orang dari siapa ia memperoleh barangnya, lagi pula dengan tak mengurangi ketentuan dalam Pasal 582.

Sedangkan Pasal 582 KUHPerdata menyebutkan:

Barang siapa menuntut kembalinya sesuatu kebendaan yang telah dicuri atau dihilangkan, tak diwajibkan member pergantian kepada isi yang memegangnya, untuk uang yang telah dibayarkannya guna membelinya,kecuali kebendaan itu dibelinya di pasar tahunan atau pasar lainnya, dilelang umum, atau dari seorang pedagang yang terkenal sebagai seorang yang biasanya memperdagangkan barang-barang sejenis itu.

Intervensi/pertukaran daripada bezit

Orang yang membezit suatu benda dapat bertukar menjadi houder atau sebaliknya tapi harus memenuhi syarat berikut:

  1. Adanya perubahan kehendak dari orang yang ketempatan barang
  2. Adanya bantuan/ikut sertanya pihak lain

Seperti apa yang tercantum dalam pasal 536 KUHPerdata: Orang tidak bisa merubah dasar bezit bagi dirinya sendiri, baik atas kehendak nya sendiri maupun dengan lampaunya waktu.

Pasal ini berarti bahwa hanya dengan perubahan kehendak saja atau dengan lampaunya waktu saja orang tidak dapat merubah bezitnya menjadi detentie atau sebaliknya dari detentie menjadi bezit jadi harus dengan ikut sertanya pihak lain.

Bezitsactie/gugat daripada bezit

Dalam hal ada gugatan terhadap bezit maka si bezitter dapat/berhak melakukan actie, asal dia itu betulbetul bezitter dan harus ada gangguan (Pasal 550 KUHPerdata).

Adapun bentuk gugatannya dapat berwujud:

  1. Minta pernyataan declatoir dari hakim bahwa ia adalah bezitter dari benda tadi
  2. Menuntut agar jangan mengganggu lebih lanjut
  3. Meminta pemulihan dalam keadaan semula
  4. Meminta penggantian kerugian

Detentor tidak mempunyai kewenangan untuk mengajukan gugat bezit:

Cara-cara hilangnya bezit:

  1. Binasanya benda
  2. Hilangnya benda
  3. Orang membuang benda itu
  4. Orang lain memperoleh bezit itu dengan jalan tradition atau occupation (pasal 543 KUHPerdata).

 

About these ads

One Response to Hukum Perdata : Kedudukan Berkuasa (Bezit)

  1. Mutiah says:

    Trima kasih banyaaaaak bwt infonyaaa…sy sgt sgt berterima kasih..kpd siapapun yg mngirim post ini..
    skli lgi domo arigatou!!!
    (^0^)
    all the best for youuuu!!! hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 48 other followers

%d bloggers like this: